Sabtu, 05 Februari 2011

11POLA PRILAKU ANAK

Posted by wijayakids01.blogspot.com On 20.53 | No comments
1.      Kerja sama Sejumlah kecil anak belajar bermain atau bekerja secara bersama dengan anak lain sampai mereka berumur empat tahun. Semakin banyak kesempatan yang mereka miliki untuk melakukan ber sama-sama, semakin cepatmereka belajar melakukannya dalam cara bekerja sama.  
2.      Persaingan Jika persaingan menjadin suatu dorongan bagi anak-anak untuk berusaha sebaik-baiknya, hal itu menambah sosialisasi bagi mereka. Tetapi Jika hal itu di ekspresikan dalam pertengkaran dan kesombongan, akan menimbulkan sosialisasi yang buruk.  
3.      Kemurahan hati Kemurahan hati, sebagai mana terlihat pada kesediaan anak untuk berbagi sesuatu dengan anak lain, sikap untuk mementing kan diri akan berkurang setelah anak belajar bahwa kemurahan hati dapat menghasilkan penerimaan sosial yang baik.  
4.      Hasrat dan penerimaan sosial Jika hasrat untuk di terima kuat, hal itu mendorong anak untuk menyesuaikan diri dari tuntutan sosial. Hasrat untuk diterima oleh orang dewasa biasanya timbul lebih awal di bandingkan dengan hasrat diterima oleh teman sebaya.   
5.      Simpati Anak kecil tidak mampu berperilaku simpati sampai mereka pernah mengalami situasi yang mirip dengan dukacita. Mereka mengekspresikan simpati dengan berusaha menolong atau menghibur seseorang yang sedang bersedih.  
6.      Empati Empatik kemampuan untuk menempatkan diri sendiri dalam posisi orang lain dan meng hayati pengalaman orang tersebut. Hal ini akan berkembang jika anak dapat memahami ekspresi wajah atau maksud dari pembicaraan orang lain.
7.      Ketergantungan Ketergantungan terhadap orang lain dalam hal bantuan, perhatian, dan kasih sayang. mendorong anak untuk berperilaku yang dapat diterima secara sosial. Anak-anak yang kurang motifasi.
8.      Sikap ramah Anak kecil memperlihatkan sikap ramah melalui kesediaannya melakukan sesuatu terhadap orang lain dan meng ekspresikan kasi sayang terhadap mereka.
9.      Sikap tidak mementingkan diri sendiri Anak yang memiliki kesempatan dan mendapatkan dorongan untuk berbagi atas apa yang mereka miliki, belajar memikirkan orang lain dan berbuat sesuatu untuk orang lain dan tidak hanya memusatkan perhatian pada kepentingan dan milik mereka sendiri.
10.   Meniru Dengan meniru seseorang yang diterima oleh sekelompok sosial, anak mengembangkan sifat yang menambah penerimaan kelompok terhadap diri mereka. 
11.   Perilaku kelekatan Dari landasan pada masa bayi, yaitu bayi mengembangkan suatu kelekatan yang hangat dan penuh cinta kasih kepada ibu atau pengganti ibu, anak kecil mengalihkan pola ini terhadap anak orang laindan belajar membina persahabatan dengan mereka.

0 komentar:

Posting Komentar